penanaman terumbu karang

Lombok Utara, NTB (ANTARANews ) - Manajemen PT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran dan Region V Surabaya melanjutkan program konservasi terumbu karang di kawasan wisata Gili Trawangan, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

"Kami tanam lagi terumbu karang di perairan Gili Trawangan ini seperti yang dilakukan Oktober 2010," kata Asisten Manager Eksternal Relation Pertamina Unit Pemasaran dan Region V Eviyanti Rofraidah.

Lokasi terumbu karang yang ditinjau merupakan area penanaman terumbu karang yang dilakukan Pertamina pada Oktober 2010.

Eviyanti mengatakan, terumbu karang yang ditanam di perairan tersebut berupa beton beragam bentuk yang didesain sebagai habitat terumbu karang.

"Ada yang berbentuk kubus, piramida dan lempengan beton. Jumlahnya sebanyak 14 unit, total anggarannya mencapai Rp50 juta," ujarnya.

Penanaman terumbu karang itu merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Tahun anggaran yang dialokasikan untuk proyek lanjutan penanaman terumbu karang relatif sama dengan tahun sebelum.

"Peninjauan ini sekaligus survei untuk program berikutnya yang diagendakan pertengahan atau akhir Nopember ini," ujarnya.

Demi kelancaran program penanaman terumbu karang itu, kata Eviyanti, Pertamina bekerja sama dengan pengelola terumbu karang di wilayah setempat.

Di Gili Trawangan telah terbentuk organisasi peduli lingkungan yang gencar mengadvokasi kelestarian ekosistem laut termasuk terumbu karang antara lain Gili Eco Trust.
(ANT)

 

 

http://www.antaranews.com/berita/282788/konservasi-terumbu-karang-gili-trawangan-berlanjut



Indeks Berita

Berita Lainnya