OME (ORANG MELAPOR)

18, Apr 2018

Orang Melapor (OME) Adalah aplikasi RBM SMART untuk pelaporan kawasan konservasi yang diluncurkan oleh Balai Besar KSDA Sulsel, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekossistem.

aplikasi OME (Orang Melapor) ini didasari dan berlandaskan pondasi dari RBM-SMART SYSTEM yang merupakan Gagasan Situation Room dalam Program Resort Based Management (RBM) dimulai sejak akhir 2010. Awalnya untuk mengorganisir data perambahan yang tercerai berai di beberapa komputer, beberapa jenis file, dan sekian folder yang tak teratur. Saat itu dinamai Storage and Retrieve System. Tujuannya adalah menghimpun informasi yang sudah diolah dalam suatu manajemen folder dan menyajikan secara cepat dengan tampilan ringkas.

RBM ROOM menolak kerumitan tampilan dan kedetilan informasi. Konsep ini kemudian dikembangkan untuk menampung produk akhir SIM-RBM alias SeMAR (Sistem Informasi Manajemen Resort) dalam interface sederhana, berisi ringkasan-ringkasan informasi menurut tema tertentu yang relatif tetap. Dengan adanya OME ini yang merupakan perpaduan tren teknologi saat ini dan Knowledge Model RBM Smart System diharapkan data dengan model tallysheet menjadi lebih mudah disajikan informasinya baik itu berupa data text, suara, gambar atau video dari tiap tailsheet di kawasan konservasi. Penulis berharap aplikasi ini dapat digunakan sebaik-baiknya dan berkontribusi untuk konservasi kedepannya.

 

Informasi lebih lanjut bisa melalui

email sitroom@ksdasulsel.org

WhatsApp

+62 853-9617-6200 | Agus Suseno, S.Hut
+62 853-9696-6192 | Mallombasi Mattawang, S.Kom

 

Download Juknis            :  Download

Download Alur Program  :  Download

Download Format TallySheet  :  Download


Download