GO EKOWISATA

18, Apr 2018

Definisi ekowisata yang pertama diperkenalkan oleh organisasi The Ecotourism Society (1990) sebagai berikut : " Ekowisata adalah suatu bentuk perjalanan wisata ke area alami yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat " .

mendefinisikan ekowisata sebagai kegiatan perjalanan wisata yang bertanggung jawab, pada daerah yang masih alami atau di daerah-daerah yang dikelola dengan kaidah alam, yang bertujuan selain untuk menikmati keindahan alam juga melibatkan unsur pendidikan, pemahaman dan dukungan terhadap usaha-usaha konservasi alam dan peningkatan pendapatan masyarakat setempat. Ekowisata memiliki beberapa prinsip dasar diantaranya adalah Berbasis alam, berkelanjutan secara ekologi, pendidikan lingkungan, bermanfaat bagi masyarakat lokal, dan memberikan kepuasan bagi wisatawan. Hal ini menjadikan ekowisata sebagai suatu kegiatan yang bersifat khusus, dan tidak bisa disamakan dengan kegiatan wisata yang bersifat mass-tourism. Sehingga dalam kebijakan serta pengelolaan destinasi ekowisata harus berlandaskan pada prinsip-prinsip ekowisata, serta memperhatikan kelestarian dari tempat-tempat yang dijadikan sebagai destinasi ekowisata.

 

GO EKOWISATA INDONESIA ADALAH INFORMASI DIGITAL INTERAKTIF KAWASAN KONSERVASI MELIPUTI TAMAN NASIONAL, CAGAR ALAM, SUAKA MARGASATWA, TAMAN BURU DAN TAMAN WISATA ALAM


Download